Rabu, 23 Mei 2012

Melukis Pelangi

I.
Sudah lebih dari dua tahun setelah posting pertama di blogspot pribadi yang saya beri judul Melukis Pelangi. Mengapa Melukis Pelangi dan bukan Melukis Pelangi di Matamu? Pertama, bisa-bisa nanti dikira official blogspot Band Jamrud. Kedua, saya suka melukis. Sayang, hasil lukisan saya tidak mumpuni sehingga akhirnya "melukis" saya hormati dengan cara menempatkannya sebagai kata pertama untuk judul blog ini. Dan ketiga, saya juga suka dengan pelangi. Warnanya, suasana ketika dia muncul, dan dengan filosofi pelangi dari Band Dygta yang saya gandrungi ketika di bangku SMP dulu. "Pelangi itu indah tapi cuma bisa dipandang. Enggak bisa dimiliki". Fak! Cengeng.

II.
Saat itu bulan Juli, masih 2010. Saya (selesai) menjalin hubungan lumayan dekat dengan seorang pria. Tanggal 17 dia berulang tahun, dan saya berinisiatif membuatkannya sebuah blocknotes dengan  cover bergambar foto dirinya. Mengapa blocknotes? Karena saya pribadi suka sekali mengoleksi blocknotes. Apabila blocknotes saya baru, bagus, dan tebal (kertasnya) saya akan lebih bersemangat menulis apapun disitu. Curhatan, catatan pengeluaran, dan tak lupa bahan perkuliahan. Karena hasil blocknotes hadiah untuk teman tersebut memuaskan, saya kemudian membuat 3 buku lagi. Yang dua merupakan hadiah ulang tahun untuk Mas Apunk (Senior UFO), dan Ibu saya. Sisanya, saya gunakan sebagai buku catatan kuliah semester 3. 4 buku pertama tersebut masih hasil dari menggunakan jasa abang foto copy-an untuk urusan hard cover dan binding bukunya.

III.
Pada mata kuliah Desain Grafis di semester 3, saya pernah mendapat tugas untuk mendesain logo sebuah perusahaan yang seolah milik pribadi. Tanpa berfikir panjang saya membuat desain dengan nama Melukis Pelangi. Sebuah perusahaan blocknotes dengan slogan "Create your own character by designing your own blocknotes". Ouch sekali bukan. Logo tersebut lalu saya pasang pada cover belakang blocknotes yang dipesan Derry untuk hadiah ulang tahun adik kembar tiga temannya yang berkuliah di UI yaitu Imbi, dan Andina yang juga minta dibuatkan blocknotes putih bergambar jerapah dan sapi.

Kini, di komputer jinjing pribadi saya terdapat folder berjudul "Melukis Pelangi", dimana didalamnya terarsib desain cover dari siapa saja yang pernah memesan blocknotes yang kini saya bikin sendiri dan tidak lagi menggunakan jasa abang foto copy. Banyak yang memesan untuk hadiah ulang tahun kekasih atau orang tersayang, persembahan anniversary atau sekedar untuk diri sendiri. Terlepas dari untuk siapa dan apapun blocknotes tersebut dipesan, nama-nama yang terarsib di folder tersebut telah melukis kebahagiaan saya dari mata berbinar ketika menerima blocknotes yang dipesannya.

Karena menulis adalah sebagian dari iman, let's create your own character by designing your own blocknotes. Mari melukis pelangi! (:

2 komentar:

  1. salam kenal.. idenya bagus mba, bikin blocknotes, kebetulan sya juga sukaa banget nulis diary.. pengen sekali2 pesen aah.. ;)

    BalasHapus
  2. Salam kenal Khansaaaaa (: Silahkan hubungi saya kalau mau pesan :D

    BalasHapus